Rabu, 02 Desember 2009

Bimbingan Belajar

Harapan dan Tantangan...!

SMA Negeri 1 Sinjai Barat sebagai sekolah negeri yang ada di Manipi Kecamatan Sinjai Barat telah melakukan beberapa persiapan menyongsong Ujian Nasional. Beberapa langkah yang ditempuh oleh pihak sekolah adalah:
  1. Mengoptimalkan pembelajaran di pagi
  2. Mengadakan kegiatan belajar sore
Dalam kegiatan belajar sore untuk kelas XII, mereka dibimbing untuk mengerjakan soal-soal berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) setiap bidang studi.
Harapan dari kegiatan tersebut adalah untuk membekali siswa menghadapi ujian dan sukses Ujian Nasional 2009. Namun tantangan yang dihadapi masih sangat berat, karena masih banyak siswa yang acuh untuk mengikuti kegiatan tersebut. Mereka masih beranggapan bahwa semua nanti pasti lulus, atau nanti dibantu oleh guru. Pandangan seperti ini susah juga diberantas, karena sudah menjadi rahasia umum pihak sekolah penyelenggara selalu berusaha untuk meluluskan 100% siswa. Kalau perlu gurunya dulu yang ujian di kantor, baru siswa di kelas. Sampai-sampai mereka terpaksa berurusan dengan pihak keamanan karena kebocoran melakukan hal yang kurang simpatik tersebut.

Saya yakin sekiranya semua sekolah berusaha dan melakukan beberapa langkah positif, selanjutnya berani menerima 2 (dua) opsi hasil ujian tersebut, yaitu lulus dan tidak lulus, maka kedepan mutu pendidikan akan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar